Senin, 25 Maret 2013

Romantisme Di Masa Tua





Setiap pulang ke rumah entah rumah orang tuaku atau rumah mertua, selalu ada hal menarik yang aku dapatkan. Kusebut menarik karena hampir semuanya memberi hikmah tersendiri bagiku. Kali ini izinku aku menceritakan kembali kisah pulang kampung ke Pati, ke rumah mertuaku.


Dapur....., bagi ibu mertuaku adalah tempat yang penting artinya karena di sinilah tempat beliau “bekerja” dengan jabatan sebagai ibu rumah tangga. Di tempat inilah ibu mulai bercerita tentang Mbah Putri, ibu kandung mertuaku. Aku akan bercerita dengan menggunakan bahasa Indonesia saja ya karena bahasa Jawaku yang masih belepotan (meski versi aslinya pake bahasa Jawa).



Ibu Mertua (IM) : Nduk, Mbahmu lucu banget, persis kayak anak kecil.


Aku : Loh kenapa to kok lucu?


IM : Kemarin kan Ibu emang janji mau nginep di rumah Mbah-mu. Udah lama juga disuruh kesana tapi Ibu ndak sempat-sempat. Eh tapi pas giliran udah kesana, Ibu ndak bisa nginep.


Aku : Knapa gak nginep?


IM : Adikmu dari Kalimantan kan datang mau ngurus hajian Ibu, lah yo mosok Ibu ndak pulang ke rumah. Nanti adikmu mikir macem-macem.


Aku : Trus Mbah Putri gimana? Marah ndak?


IM : Nah ya itu yang bikin lucu.


Aku : Lucu gimana?


IM : Mbah Putri-mu nangis kayak anak kecil, huhuhu...huhuhu.... jan persis kayak anak kecil. Mbah-mu bilang, “Katanya kemarin mau nginep, kenapa gak jadi? Memang anak-anakku udah pada lupa sama Ibunya.” Ibu ya cuman bilang, “Ya ndak lupa to,lagi pada banyak urusan, namanya juga udah pada punya keluarga.”


Aku : (nahan ketawa sekaligus sedih) Trus..trus?


IM : Yo Mbah-mu nangis terus sampe Ibu pulang. Ibu yo bilang aja besok tak balik lagi ke sini. Eh mbahmu malah gak percaya, katanya paling besok ya ndak jadi. Trus kok ya beneran, besok ndak bisa ke rumah Mbah-mu soale ngurus hajian itu sampe sore, Ibu yo wis kesel.


Aku : Trus Ibu ndak ke rumah Mbah lagi?


IM : Ya ke rumah Mbah-mu besoknya lagi. Tak tanya to, kenapa kok kemarin tak tinggal sampe nangis kayak anak kecil.


Aku : Mbah jawab apa?


IM : Jawaban Mbah-mu bikin aku nangis, sesek.


Aku : Kenapa?


IM : Mbah-mu jawab,”Aku kan cuman pengen tidur ditemenin aja, dikelonin, ben anget, ben ayem. Rasannya udah lama tidur sendirian, gak ada temennya, gak ada yang ngajakin ngobrol.” Yo pengen nangis, pengen guyu. Ya malam itu Mbah-mu tidur sambil tak kelonin rapet nduk, pet..pet...koyo ngelonin Abine Farhan jaman cilik. Ealah kayak gini to nek udah tua, sendirian, kesepian, kayak anak kecil, bener-bener kembali jadi anak kecil. Tapi ya Ibu ngerti nduk, nanti nek tua, ndak kuat apa-apa, paling yo Ibu persis koyo Mbah-mu Putri. Pengene yo deket anak-anak sama cucu.


Aku : Nanti kalo Ibu tua, insyaallah tak kelonin kalo tidur,hehehhee


IM : Yo nek koe mulih neng Pati, lhah nek neng Semarang piye leh ngeloni?


IM&Aku : (tertawa bareng) Hahhahahahhaaha




Itu mungkin hanya satu dari sekian banyak kisah yang bisa jadi akan kita alami ketika tua nanti. Aku hanya berpikir, sebenarnya ketika kita semakin menua, sepertinya keinginan kita semakin sederhana, hanya ingin diperhatikan seperti layaknya anak kecil. Dan minta “dikelonin” itu adalah salah satu cara mendapatkan perhatian. Cara Mbah Putri-ku mencari perhatian dan mendapatkan romantisme kembali di masa tuanya.



#Semoga bermanfaat

1 komentar: