Selasa, 26 Maret 2013

Bahagia Yang Berganti Definisi


Mengejar kebahagiaan adalah hasrat setiap manusia. Kalau boleh memilih, inginnya semua hal yang kita dapatkan adalah yang bernama bahagia. Rasanya tak rela jika setetes air mata jatuh demi sebuah kesedihan yang kita alami. Selain bikin mata bengkak, juga pasti menghabiskan banyak tisuue untuk menghapus air mata itu, dan itu berarti "pemborosan", hehehhee. 


Namun hidup adalah hidup, hanya bisa dijalani, takselalu  memberi ruang bagi manusia untuk memilih ceritanya. Ada bahagia yang datang, ada sedih yang menyapa. Tak ada yang perlu kita protes karena Allah sudah berkehendak dan kita hanya bisa menjalankannya sebaik mungkin.

Dear Bunda Yati, perkenalkan, namaku Elly Nurmaningtyas Fajarwati. Cukuplah dipanggil Elly, pasti aku akan menengok jika suatu saat nanti kita bertemu di sebuah tempat (Aamiin). Bunda pasti penasaran kan dengan penampakanku???hihihii..... Nah kuperlihatkan foto lamaku ya Bunda, ini dia

Aku, saat wisuda S1


Foto itu seperti tulisan yang tertera di bawahnya adalah fotoku pada tahun 2007 saat wisuda program sarjana di Institut Pertanian Bogor. Alhamdulillah Elly lulus juga Bunda setelah 4,5 tahun kuliah di sana. Waktu itu, aku sudah bekerja sebelum waktunya wisuda, jadi beban mencari pekerjaan tak kupusingkan lagi. Aku waktu itu adalah wanita muda dengan gelora hidup yang tinggi, impian yang tinggi, dan kerja keras yang tinggi. Dalam benakku, aku hanya ingin melanjutkan pendidikan S2-ku, berkarir, dan menikah. Saat itu aku "bahagia".
Well, Bunda.... dapat kuliah lagi dan menikah sudah aku dapatkan, segala puji bagi Allah untuk semua yang Ia berikan padaku. Akan tetapi, bekerja dan berkarir???? hmmmm... sepertinya aku harus melepas impian itu. Aku sempat bekerja sebagai tenaga pengajar Bahasa Inggris di UPT Bahasa IAIN Walisongo, tapi karena beberapa sebab, aku akhirnya berhenti bekerja. Tak mudah bagiku Bunda menerima ini, banyak tantangan dan tantangan terbesar adalah diriku sendiri. Berat di awal, tapi kemudian aku menemukan momen dimana aku berjanji pada Allah untuk menerima segala takdirNya, bersemangat kembali dan membuat definisi baru atas kata "bahagia"

Inilah aku Bunda di kehidupan sekarang. Bahagia bersama buah hatiku Farhan Abdillah, usianya kini 3 tahun. Aku kini adalah ibu rumah tangga yang juga mulai membuka usaha suvenir dan barang-barang handmade. Aku banyak bertemu dengan orang-orang yang selalu memberi inspirasi dan semangat. Mereka memberiku contoh nyata bahwa menjadi Ibu rumah tangga itu tak berarti menutup pintu kebahagiaanku di masa depan. Yang pasti, kalau mau bicara tentang pendapatan, rupanya seorang IRT juga bisa loh berpenghasilan meskipun ngantor di rumah dan pekerjaannya ditambah dengan menyapu, memasak, menyeterika, dll.
Alhamdulillah, aku merasa "bahagia". Ternyata bahagia itu bukan kita ada dimana dan bersama siapa ya Bunda, tapi buatku bahagia itu adalah karena siapa kita ada di tempat itu, karena siapa kita bersama dengan seseorang, dan karena siapa kita berbuat sesuatu. Jawabannya adalah karena Allah. Oleh karena itu, aku bisa bilang Bunda bahwa aku bahagia dengan definisi yang berbeda kini
____________________________________________________________________________



Bunda Yati.....

Aku belum terlalu mengenal beliau. Aku baru menemukan blognya ketika salah seorang sahabat baruku mbak +Uniek Kaswarganti  juga mengikuti GA Bunda Yati, matur suwun nggih mbak Uniek, sukses untukmu. Dari situlah aku mulai membuka-buka blog Bunda Yati. Betapa terkejutnya aku karena ternyata si empunya bukanlah seorang ibu muda kebanyakan. Fantastis, di usia yang tak lagi muda, Bunda Yati masih terus bersemangat untuk menulis. Jujur, dulu aku pernah suka sekali menulis, tapi kemudian hobi itu menghilang, menguap begitu saja tanpa pernah tahu apa penyebabnya.
Mengunjungi blog Bunda sama halnya menyuntikkan semangat padaku, terutama dalam hal menulis. Sangat mengagumkan ya Bunda, dari tinta yang sederhana muncul begitu banyak pelajaran berharga. Dari blog Bunda Yati, aku belajar bagaimana memberikan semangat dan inspirasi tanpa perlu mengeluarkan banyak kata dari lisan kita. Bunda juga mengajarkan padaku bahwa belajar itu tak pernah mengenal waktu dan usia, dimana saja, dengan siapa saja, dan di usia berapaun kita bisa terus belajar. Luar biasa Bunda Yati. Aku sebut ini sebagai rizki dari Allah mendapat sahabat baru seperti Bunda, semoga Bunda menerimaku juga dengan lapang :)


Terus bersemangat ya Bunda dan semoga semangatnya mengalir juga padaku untuk terus menulis. Terima kasih banyak untuk kesempatannya hingga aku bisa mengikuti GA di blog Bunda. 


Luv U, Bunda

Selamat merayakan tahun ke-4 di Blog Miscellaneous
Salam hangat dari kota Semarang
Elly




11 komentar:

  1. Masya Alloh... blognya baguuus, mbak..
    *kalem..
    isi tulisannya juga ciamik...
    keep your spirit, ya, mbak!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihihi, Ania.....makasih ya. terus semangati mbak yang jauh lebih tua darimu (apa seh?kayak udah senja bgt gitu yak?).

      luv u Ania

      Hapus
    2. Semangati juga donk saya yg jauh lebih tua *apaan sih ini malah lomba tua2an heheee...

      Hapus
  2. Bahagia menjadi seorang ibu itu, luarrr biasa.... :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak Santi, memang luar biasa. tapi memang backgroung kehidupan dan keluarga seseorang juga mempengaruhi cara pandang kita terhadap sesuatu. Alhamdulillah mbak sekarang sudah bahagia

      Salam kenal ya, makasih sudah berkunjung

      Hapus
  3. Elly, bunda jadi merasa sangat gak ada apa-apanya nih kalo liat tampilan blog-blog peserta yang gimana gitu. Bunda jadi ingin terus belajar memperbaiki tampilan blog bunda. Md2an bisa. Btw makasih ya, link-nya udah dicatet lho. lv u 2.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bunda Yati, Elly juga baru belajar kok,hehhe.ini ceritanya baru pindahan dari multiply ke blogspot bunda, jadi masih beginner juga.
      yuuk bunda belajar bareng. ntar kalo dapet guru online lagi, colek Elly yak.
      Matur suwun bunda untuk kunjungannya.
      luv u full dah :)

      Hapus
  4. mbak El, ikut GA BAW jugaa, yaaa...

    BalasHapus
    Balasan
    1. pengennya gitu An, ikutan GA BAW, tapi bingung juga apa yg mau ditulis, mbak kan new comer yak. bentar deh cari ide dulu ya. makasih

      Hapus
  5. http://bawindonesia.blogspot.com/2013/03/give-away-baw-20-maret-20-april-2013.html

    BalasHapus
  6. keren tulisannya mba Elly.... terima kasih banyak juga ya namaku sudah disebut-sebut (berasa orang penting deh xixixiii...)
    senang bisa share info ke teman2, yuk saling menyemangati.
    semoga di kopdar IIDN nanti bisa ketemuan yak

    BalasHapus